Oleh: untuk indonesia | 6 Desember 2009

ternak tokek

Hampir semua orang di tiap daerah di negeri ini, pasti tahu harga tokek (gecko) sedang heboh. Tak hanya dihargai jutaan rupiah, tokek kini telah menjadi barang mahal. Dengan ukuran 4 ons up, tokek dahan, rumah, atau hutan, dihargai Rp 500 juta lebih.

Memang, soal harga ini belum transparan benar. Ada yang percaya, ada pula yang tidak. Yang jelas, saya pribadi sangat percaya tokek dihargai sangat mahal. Buktinya, tokek yang saya tawarkan selama beberapa hari, pada bulan lalu, ternyata laku Rp1,3 miliar. Tokek batu seberat 2,15 kilogram itu dibeli orang Samarinda, dan dibayar cash.

Tentu saja, kabar mahalnya harga tokek ini membuat orang berlomba-lomba memburu simbahnya cicak ini. Ada yang beruru ke hutan, ke pelosok perdesaan, hingga menelantarkan kerjaan utama hanya untukberburu tokek ini. Tapi, ternyata tokek dengan berat 3 ons up sangat sulit didapat.

Nah, berhubung gecko ukuran 3 ons up sangat sulit, sementara uang ratusan juta menanti di depan mata, mereka pun berlomba-lomba beternak tokek. Harapannya, tokek peliharaan mereka bisa mencapai berat ideal. (halah, kayak berat badan artis aja).

Tak ada salahnya sih ternak tokek, tapi kalau tak tahu caranya, bisa-bisa Anda sendiri yang stress. Nah lho. Seperti yang pernah saya dan teman saya alami, karena penasaran dengan tokek peliharaan, tiap hari diliatin terus. Akibatnya, si tokek malah stress, ndak mau makan, dan akhirnya jadi kurus kering. hehe..

Berikut adalah tips beternak tokek. Tulisan ini saya ambil dari sebuah situs di internet milik seorang pebisnis tokek profesional. Semoga bermanfaat buat Anda:

Tokek sekarang sudah mejadi fenomena. Nilai jualnya yang sangat tinggi membuat banyak orang yang beralih profesi menjadi peternak tokek. Tokek selain digunakan untuk pengobatan, dapat juga digunakan sebagai hewan peliharaan atau binatang hias yang cukup jinak terutama untuk jenis Leopard.

Beternak tokek merupakan hal yang gampang-gampang susah dilakukan. Kurangnya informasi yang tersedia mengenai cara beternak tokek membuat masyarakatmasih kurang berminat untuk beternak tokek. masyarakat lebih memilih menangkapnya dari alam liar.

Berikut adalah tips beternak tokek yang baik:

1. Kandang

Kandang tokek dapat menggunakan aquarium yang agak luas dengan ukuran 20-30 gallon. Pada bagian atas kandang dapat ditutup menggunakan jala dengan ukuran mesh yang kecil. Tokek tidak bisa meloncat dan tidak mempunyai toe pads untuk memanjat kaca kandang. Atau bisa membuat sendiri kandang tokek dari bahan tripleks atau papan lunak. Tokek betina dapat dikandangkan secara bersama (asalkan ukuran relatif sama), tetapi untuk jantan dewasa sebaiknya dikandangkan pisah karena dapat saling berkompetisi dan saling membunuh.

Sedangkan 1 ekor jantan bisa dikandangkan bersama dengan beberapa ekor betina(setelah sama-sama bertbobot kurang lebih 45 gram). Untuk tokek yang dikandangkan bersama maka ukuran tokek harus selalu diperhatikan karena kemungkinan satu tokek mempunyai ukuran yang lebih besar/pertumbuhan badan lebih cepat daripada tokek yang lain, oleh karena itu untuk tokek yang uk lebih besar harus dipisahkan segera supaya pertumbuhan badan menjadi merata dan tidak terjadi kompetisi makanan yang tidak seimbang. Untuk tokek betina yang masih ukuran kecil tidak boleh reproduksi dlu karena akan berdampak buruk pada kesehatan tokek tersebut.

2. Media/Substrat

Media yang baik untuk digunakan dalam kandang tokek adalah menggunakan pasir, terutama untuk tokek dengan ukuran panjang 5-6 inch dan tokek yang sudah dewasa. Pasir yang digunakan harus pasir yang sudah bersih dan dengan ukuran yang cukup halus (0,5mm). Tetapi untuk tokek yang masih kecil (belum mempunyai panjang 5-6 inch) sebaiknya jangan menggunakan media pasir karena pasir bisa tertelan dan membahayakan kesehatan tokek. Jadi untuk tokek yang masih ukuran kecil dapat menggunakan alas handuk/kertas koran walaupun mempunyai kekurangan yaitu kandang harus lebih sering dibersihkan.

3. Suhu Kandang

Suhu kandang harus selalu dipantau dengan menggunakan termometer, batas maksimum suhu kandang adalah 90 derajat farenheit. Hindari pemasangan lampu pijar atau lampu uv dalam kandang. Kandang sebaiknya dalam kondisi gelap, mata tokek yang terkenal sinar dapat menyebabkan tokek menjadi stress sehingga menyebabkan tokek tidak mau makan dan mati. Untuk pencahayaan dapat menggunakan lampur merah karena tokek mempunyai sifat tidak bisa melihat warna merah. Sebaiknya hindari meletakkan batu dalam kandang karena dapat menyebabkan panas yang berlebih dalam kandang.

4. Tempat Berlindung

Kandang sebaiknya dilengkapi dengan pelindung karena tokek merupakan hewan noktural (hewan yang lebih senang dalam kondisi gelap). Tokek mempunyai sifat hidup bersembunyi di bawah batu atau reruntuhan jadi sebaiknya kandang dilengkapi dengan pelindung dengan lubang yang cukup besar. Kandang tokek dapat dilengkapi dengan beberapa pelindung(shelter) yang bisa terbuat dari kardus, kotak kecil atau kertas.

5. Pergantian Kulit

Seperti binatang reptil lainnya tokek juga mengalami siklus pergantian kulit. Frekuensi pergantian kulit tergantung pada umur dan pertumbuhan tokek. Untuk ukuran kecil lebih sering ganti kulit dibandingkan yang ukuran besar. Pergantian kulit ditandai dengan warna kulit yang semakin pudar dan keputih-putihan. Hal yang perlu diperhatikan ketika terjadi pergantian kulit yaitu kelembapan kandang dan kulit harus lepas dari badan tokek sampai sempurna. Kelembapan kandang harus lebih tinggi saat terjadi pergantian kulit. Pada saat pergantian kulit dapat menggunakan media kotak stereoform.

6. Minuman

Walaupun tokek berasal dari lingkungan yang kering, kandang harus dilengkapi dengan fasilitas minum yang tersedia 2-3x perminggu.

7. Makanan

Makanan yang disarankan untuk tokek adalah jangkrik, ulat, cacing dan anak tikus yang masih berumur beberapa hari.

sumber: http://www.tokektokek.blogspot.com


Responses

  1. bisnis menjanjikan tapi apa akan bisa bertahan dan kontinyu???

    • hehehe, saya ndak tahu mas. tapi menurut saya, akan ada seleksi alam. bagi yang hanya iseng dan coba-coba, pasti bakal menghilang sendiri. tapi bisnis tokek akan terus jalan jika permintaan terus mengalir. salam dan terima kasih…

      • mas , ada yg jual toke ga ? saya ge butuh. kalau ada kasih info ke saya ya .

      • saya punya tokek ukuran 28 cm , lokasi di palembang hub beny 081273245400

  2. berarti sobat sekarang bertambah kaya 1.3 M yah sob? Mantap!

  3. Saya mencari pembeli/buyer tokek, SERIUSS…
    minta tolong info kalau ada yang tahu,
    lokasi: Denpasar, Bali
    088 146 195 12

  4. *mas Red: halah, saya ndak dapat kebagian jatah tuh mas, soale yang berhasil memediatori bukan saya, tapi temen saya. padahal saat itu saya juga bawa buyer, tapi cuman berani bayar 750 jt. jadi, setelah buyer lain dari Samarinda buka koper berisi 1,3 m, ya saya dan buyer saya mundur teratur, hehehe. Tapi ndak papa, belum rejekinya mas. tks mas udah mampir.
    *ARD: oke mas. emang punya tokek ukuran berapa dan jumlahnya berapa, sapa tahu bisa mbantuin. tks bos…

    • apakah tokek takut sama air juga apakah baik bagi si tokek klo kena air tiap hari? makasih

    • mas, boleh tahu no hp nya bapak ?? nanti klo ada barang lagi saya tawarkan

      • saya punya tokek ukuran 28 cm , lokasi di palembang hub beny 081273245400

    • boleh siapa minat hub, face book saya,

    • boleh siapa minat hub, face book saya,
      081374376446

  5. *yudys: wah maaf ya, pertanyaan yang ini saya ndak tahu jawabnya, hehe. Yang jelas, tokek saya ndak pernah saya mandiin, hihi…

  6. tokekku koq wrnanya memudar jd putih semua apa mo gnti kulit ato sekarat?

    • nnti kamu pelihara cicak yud…hihihih

  7. oh….iya ak mo nanya apakakh hrga tokek bisa eksis trus ato cuma sekedar permainan aja?

    • mas yudys: wrna tokek memudar itu hal yang biasa mas. Biasanya memang mau ganti kulit. Soal harga tokek eksis, saya rasa tergantung dari permintaan mas. Bila permintaan terus mengalir, harganya tetap eksis. Bahkan, makin mahal karena stok tokek makin berkurang karena banyak diburu. Sukses untuk Anda, dan selamat beternak tokek…

    • itu sih bener kata masbro spa tdi tuu…
      ktanya tergantung permintaan pasar …law emang permintaan pasar tokek tetap bertahan akn ada kemungkinan tetap eksis..

      aq mau nanya ni sma mas bro tokek batu.
      law tokek yng bintik hitam kira@ bisa gak berubah warna bintiknya sob??
      bls

    • bener kata mas bro tokekbatu..sob.
      klo permintaan pasar tokek tetap munjulang tinggi kemungkinan harga tokek bisa tetap eksis.

      gw mau nanya ni sma mas tokekbatu.. klo tokek warna bintik hitam kira@ bisa berubah gak tu warna bintiknya mnjadi warna lain??

  8. mas saya blum lma dpt tokek,,ya bratnya krng lbh 2ons,,,ni aku pelihara….ktnya aku bca2 di internet mkanan yg bagus bt pertumbuhan tokek adlh….jangkrik…ulat….cindil..trus telur rebus,,,apa tokek pertumbuhanya lama ap g….? tokek yg aku pnya warnanya bintik merh….trims lam knl

  9. *kang cecep: makanan tokek adalah jenis serangga, seperti jangkrik, kupu2, nyamuk, termasuk ulat dll. Soal telur rebus, memang banyak artikel di internet yang mengatakan demikian. Tapi udah saya coba berkali2, tokek tetep ndak mau makan. Tokek hanya mau makanan yang hidup. Soal pertumbuhan memang lama, karena tokek adalah hewan liar dan sangat mudah stress. Jadi kalau nangkap yang besar-besar aja ya, hehehe…

  10. mohon informasi nomor telepon yang di samarinda yang beli tokek batu ? makasih ya..

  11. Saya ada punya anak tokek 43 ekor panjang nya sekitar 14cm. Ada yg minat? Hub saya 03517777205/08563448447. Thx. Tjahyono,madiun

    • pak cahyono, berat tokeknya berapa dan dijual berapa. terima kasih

  12. sy pembeli tokek hp 081357005702

    • gan kami punya 4 ekor tokek bintik merah 1 diantaranya bersuara berat n cukup keras sehari bunyinya 3 waktu
      berat tokek masing – masing dua ekor skitar 2,5 ons dan duanya lagi sekitar 1,8 ons
      kami juall dengan harga standartttt miriinng …
      yang berminat hub : 08123079303 / 03191036090 / 083876495239
      KOTA BARU DRIYOREJO ( GRESIK )
      seriiuuss .. 0_-.v

  13. *tekek: cari tokek ukuran berapa gan. dan lokasi dimana nih…

  14. 081357005702 ======> awas hati2 banyak penipu, salah satu nomor penipu….intinya jangan sampai anda2 keluar uang dulu sepeserpun!!! update klo ada nomer lain. thanks

  15. dijual tokek rumah bintik merah 2 ekor @2ons…
    harga nego…
    hub 085643888746

  16. Tolong yang punya nomer bayer atau pembeli tokek dengan ukuran 4 ons up, tokek dahan, rumah, atau hutan, dihargai Rp 500 juta lebih. aku ada barang asal jujur. kalau Tinggal oomong biar rejekinya mampet aminnnnnnn

    • aq yang ada tokek rumah mas machud,tp beratnya kurang lebih 3,5 ons gtu mas…

      kira@ brapa ya?

  17. Drs.MACHUD tlp: 03170811113

  18. sy pny tokek hutan/pohon, dr sulawesi, berat 4-5 ons, 41 ekor, yg berminat hub. 087 755 080504, harga nego…..

  19. apa bener penjualan tokek semahal itu di tempat saya ga laku tu tokek sapa yg mau hub saya ya kirim k e-mail aja antocasella@yahoo.co.id tar sya hubungi thx

  20. Ayo budidaya tokek, mumpung harga tokek masih tinggi dan akan terus tinggi. Cukup 10 atau 20 ekor saja dan dijamin dalam 6 bulan maka anda bisa menjual tokek anda dengan harga yang lumayan tentunya. Hub. davied hendra, milyuner pengusaha tokek, dari semarang, di tulis jawapos 11 desember, hm ini no HP. 081326165757.

  21. apa bener sih harganya segitu mahal?

  22. websitenya ok. tapi saya mau tanya, dimana kita bisa dapatkan bibit atau anak an tokek tersebut ?
    karena saya di sumatera / Riau apakah ada pengumpul anakan tokek tersebut ?

  23. mau tanya cara mudah ternak tokek rumah, lumayan untuk tambahan. terima kasih

  24. di jual tokek 1 ons, panjang 30 cm, 4 ekor, harga 150rb/ekor nego, di Probolinggo. Klo cocok masih ada yang lainnya.cipenk_suhartono@yahoo.com

  25. saya mmpunyai tokek 80 ekor yg beratnya 1,5-2 ons bila berminat tlp/sms……085732214828
    harga NEGO

  26. Untuk penggemukan tokek, bisa dicoba memakai bio-activator, celupkan makanan hidup tokek ke cairan bio atau memberikan sedikit bio ke minuman tokek…, bio ini sangat sukses untuk ternak sapi, kambing, ikan lele, bandeng, udang windu/galah dll, salam semoga sukses untuk semua peternak dan pecinta tokek.

    Hary
    bio-activator.blogspot.com

    • di mana kita bisa membeli bio-activator

  27. IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  28. bisnis yg menjanjikan…

  29. menjual jangkrik dan telur jangkrik tuk pakan kokek berminat hub kami di 02192248469

  30. apa smua jenis tekek bisa dijual mahal ?

  31. Tokek naex harga. . . . .

  32. Saya tertarik ternak toke.SERIUS! Sekarang sedang ternak jangkrik, jadi kalau ternak toke nyambung, ngak kemana-mana cari empannya. Ada yang mau ajarin dan mungkin kerjasama ternak toke? nanti saya kasih tahu juga cara ternak jangkrik. Hub. Rudi 0815 1189 0212, 021 979 474 27
    Trimakasih.

    • bos, saya tau dengan persis bagaimana cara ternak tokek, dan saya punya cara penggemukan tokek secara alami. kalo bos minat boleh hubungi saya di email scorpion.king2115@yahoo.com

  33. om tokek biar cepet gemuk gimana ia???
    kasian ntu tokekku ceking semua////….

  34. om mo tanya, tokek saya baru menetas, bagaimana caranya supaya telurnya menetas dan apakah harus dipisahkan dari induknya atau dipisahkan….

  35. Mantaps nih bro…bisnis yang mudah, murah hasil Ruar Biasa…..

  36. hay coy,aku baru ternak tokek cari sendiri dari hutan.dirumah ada 15 ekor,8 diantaranya 1,5-2ons.lokasi ku skng di pati.0812 2826 9322

  37. i goe tokek 380grm

  38. Di…Jual toke 3,5 ons minat / hub _ 083899244563
    lokasi jakarta

  39. gan bila ada yang membutuhkan keamanan rumah, tempat usaha, or property lainnya saya dr bintangsecurity.com adalah Agen CCTV, ada merk Samsung, Sanyo, Avtech dan merk taiwan lainnya. ada Promo paket Taiwan, Gratis Instalasi
    contak kami di
    021 3656 6635 / 021 9591 9586
    e-mail : antocasella@yahoo.co.id

  40. bukannya tak percaya, tapi saya meragukan apa benar tokek bisa semahal itu. kalo benar tlg buktikan dalam forum resmi. sebab jangan hanya menjadikan orang makin stres gara gara mengharap uang banyak dari bisnis tokek,. hemat saya bagi mereka yang niat ternak tokek niatkan shodaqoh ikut memlestarikan hewan tokek. jangan berharap menjual tokek dengan harrga ratusan juta, emangnya pake duit daun kelor. kalo harganya ratusan ribu mungkin masih dpt dipercaya. saya punya tokek di balik lemari kamar tidur dan ada di sarang burung . gemuk dan mulus, dan setiap saat kadang berbunyi, lain kali seperti menghilang. dan setiap berbunyi saya selalu bilang sama anak dan istriku: tuh dolar lagi berbunyi. dan istri saya cuma nyengir nggak percaya, sdg sikecil anak saya takut sama bunyi tokek. Tlg saudara yang punya paguyupan tokekdi surabaya/gresik kita bisa saling diskusi , kumpul membahas tokek. Jangan sampai seperti temanku yang membeli tokek 5 jutaan lalu dibawa ke pengepul tak mau beli, jadi rugi besar

  41. mas, aku di jakarta, aku cari indukan tokek, mau coba coba ternak bisa bantu

    • #

      saya punya tokek biasa aku jual sama budidaya tokek diyogyakarta juga jakarta harga mulai 10.000 – 20.000/ekor ukuran panjang 25cm-30cm ini no hp ku 083867014144 atau 02749542481

  42. Nasibnya Bakal sama seperti Ikan Louhan yg dulu ngetop dan prestise,sekarang mana tuh gaungnnya…

    • saya punya tokek biasa aku jual sama budidaya tokek diyogyakarta juga jakarta harga mulai 10.000 – 20.000/ekor ukuran panjang 25cm-30cm ini no hp ku 083867014144 atau 02749542481

  43. wew apa faktor yang menyebabkan tokek mahal ya ??

  44. Gan.. ada info peternak tokek di wilayah kota jogjakarta? Mohon infonya ya…

  45. Saya punya satu ekor Tokek Rumah Cabang 2 Ekor Cagak Langit.. Lebar badan sebesar 2 jari orang dewasa.. Yang berminat silahkan hubungi +6287898264546 atau +6285377110327..
    Saya tinggal di Prabumulih (2 jam dari kota Palembang)

  46. saya punya tokek biasa aku jual sama budidaya tokek diyogyakarta juga jakarta harga mulai 10.000 – 20.000/ekor ukuran panjang 25cm-30cm ini no hp ku 083867014144 atau 02749542481

  47. saya baru nangkap tokek panjang kira2 25 cm. makannya lahap. siapa yg mau..gratis….hub:08128064014

  48. Kalo d pekalongan beli tokeknya d mana yah, dan kalo tokeknya yg kayak byasa/umum d dalam rumah gimana? Tetep laku ga?

  49. gan kami punya 4 ekor tokek bintik merah 1 diantaranya bersuara berat n cukup keras sehari bunyinya 3 waktu
    berat tokek masing – masing dua ekor skitar 2,5 ons dan duanya lagi sekitar 1,8 ons
    kami juall dengan harga standartttt miriinng …
    yang berminat hub : 08123079303 / 03191036090 / 083876495239

  50. ini sy br aja nemu tokek dirumah saya, bintik2 merah. panjang kira-kira 25 cm. serius hub 082132825757 Malang

  51. adakah pembeli tokek 2 ons up daerah denpasar bali..?? 08881140352

  52. saya ingin beternak tokek dan jangkrik dan saya ingin ditraining ?gmn caranya ?

    • om mau beli tokek saya gak,, aku ponya 20 ekor,,,berat 2-3ons,, hub 085879169055,, harga murah

  53. om ini aku punya tokek 20 ekor berat kira kira 2-3 ons,, kira kira ada yang mau beli gak,, kalo serius hub 085879169055,aku ada ddaerah jawa tengah

  54. I think about the reason you called this article, “ternak tokek untuk Indonesia”.
    No matter what I actually appreciated the blog!Thank you,Arturo

  55. I am actually grateful to the owner of this website who has shared this impressive paragraph at here.

  56. Slm Semua,,,?? Saya Punya Tokek Dgn Uk 35 36 37 38 39 Ada yang Minat,,? Saya Siap Jual Tokek Saya,,???
    Hb 089622791826


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: