Oleh: untuk indonesia | 7 Januari 2010

agar tokek cepat besar

Tiga bulan memelihara tokek, saya dapat banyak pengalaman baru. Salah satunya adalah anggapan bahwa tokek adalah hewan yang sangat mudah stress. Itu adalah benar adanya. Di rumah, saya memelihara sekitar 40 ekor tokek ukuran 1-2 ons.

Awalnya, saya memeliharanya di teras belakang rumah. Bagian atasnya ada atap sehingga tak kehujanan atau kepanasan. Selain itu, juga mudah untuk merawatnya. Sebulan pertama, saya tidak melihat adanya pertumbuhan yang cukup signifikan.  Besarnya ya segitu-gitu aja, nyaris tanpa ada pertumbuhan. Padahal, tiap hari saya beri makan jangkrik segar dan besar. Sekali seminggu, minumannya saya ganti dengan susu.

Untuk diketahui, saya dan keluarga banyak melakukan aktivitas di teras belakang rumah, dekat kandang tokek. Di tempat itu, kami biasa mencuci pakaian dan piring atau gelas kotor. Anak saya juga sering bermain di tempat itu, termasuk mandi. Kemungkinan besar, tokek saya stres sehingga tak bisa tumbuh subur.

Karena tak ada perubahan berarti, saya pun berpikir untuk mengubah sistem perawatan. Lalu saya coba buat satu kandang baru, berisi tiga ruang. Kandang itu saya letakkan di atas plafon rumah. Tempatnya hangat dan sepi. Suasananya pun seperti sebuah ruangan yang sudah lama tak ditempati, alias ruang kosong. Banyak debu dan baunya apek.

Saya berpikir, inilah tempat yang representatif untuk sang tokek. Yang jelas, tempat ini tak terjangkau keramaian anak saya, juga aktivitas harian lainnya. Di tempat ini, tokek bisa hidup dengan tenang, jauh dari kebisingan dan gangguan harian.

Kandang itu saya isi 6 ekor tokek ukuran sekitar 1,5 ons. Jadi masing-masing ruang ada dua ekor tokek. Soal makanan, semua tokek, baik yang di kandang bawah maupun di atas plafon, saya beri jenis dan jumlah yang sama. Ternyata, sebulan berikutnya, tokek yang ada di atas plafon ukurannya berubah jadi besar-besar. Untuk diketahui, tokek yang ada di atas plafon saya beri makan dua hari sekali, jadi relatif jarang terlihat orang.

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan tokek yang ada di teras belakang, bedanya jauh sekali. Tokek yang ada di atas plafon jauh lebih gemuk. Sekarang beratnya kira-kira di atas 2 ons. Sementara tokek yang ada di teras belakang beratnya masih sekitar 1,5 ons. Selain itu, tokek yang ada di atas plafon lebih agresif dan sehat. Atas keberhasilan itu, saya berniat membuat satu kandang lagi untuk mendongkrak pertubuhan tokek yang lain.

Nah, ini sekelumit pengalaman saya memelihara tokek, semoga bermanfaat untuk pembaca yang tertarik memelihara tokek. Selamat beternak…

7 Januari 2010

Responses

  1. Langsung aja gan, saya eksportir tokek asal Surabaya. Butuh tokek dalam jumlah banyak. Ukuran 3 ons up saya hargai Rp 75 juta, 3,5 ons up Rp 250 juta, 4 ons up Rp 500 juta, 4,5 ons up Rp 750 juta, 5 ons up Rp 1 miliar. Jika Anda punya tokek sesuai di atas, kirim penawaran ke eksportirtokek@yahoo.co.id. Maaf saya tidak menyertakan nomor HP, males bales orang nanya melulu. terima kasih…

    • saya punya tokek batu ikg lebih sampai 3kg ada ga pembeli??? klo tokek pohon juga ada tapi blum ada yg 4 ons.. yg ada 3,2-3,7ons ada 9 ekor… klo mau saya kasih foto terbaru. ato hub 081356878890

      • bisa dikirim foto tokek pohonnya mas alexis? ke milirwae@yahoo.co.id. mau ditawarkan berapa nih. tks ya…

      • spesialis supplier tokek batu,
        harga tinggi,,,,
        wilayah surabaya…
        hub..” 08563293320

      • @ alexis kirimi info tokeknya dunk… serius aq lagi nyari 3,2 up min 5 ekor
        ke eamil aq te2ch_cantik@yahoo.com

    • ini benar harganya

    • kira2 ada minimal ordernya ….trims

    • saya punya 2up sampai 3 up Bos, tokek tutul merah lokasi Sby Telp 081938279976

      • buat mas putra jika benar punya toke pohon
        berapa permintaan harga..
        email foto di cartney.oktavianto@yahoo.com
        081249775258 nurmansyah

    • yang 4 on bukankah /on hitunganya ? tksh

    • assalamualaikum.saya ada tokek batu jenis melani 25 kg.sebra 6 kg.safana 3 kg.apakah bapak berminat.hubungi saya pak.081384560292. dan saya siap kirim video ke email bapak bila bapak berminat.posisi saya di jkt.wassalam

      • tokek batunya lidah cabang atau tunggal?mohon info

    • sekarang 2012. masih berlaku kabar-kabar tadi?

    • gan , aku punya tokek yang ekornya cabang dua, tapi beratnya masih 2 0ns, panjangnya 20an cm. gimana tu gan ??

  2. saya punya tokek rumah 7.5 ons. saya jual 2.5 M. berminat dan ada duit hub. email saya.

    • srius itu ? ?….
      masih ada barangnya ? ? ?….
      saya berminat….
      posisi anda ada dmn ? ? ?….
      SAYA BENAR” SRIUS…
      TRIMS..

    • saya beminat hub..:
      081249775258 or email di cartney.oktavianto@yahoo.com
      posisi anda dimana…

    • saya beminat hub..:
      NURMANSYAH
      081249775258 or email di cartney.oktavianto@yahoo.com
      posisi anda dimana…
      (JIKA BENAR BENAR SERIUS KIRIM FOTO TERBARU TOKEKNYA DI SAMPING KORAN TANGGAL TERBARU)

    • saya beminat hub..:
      081249775258 or email di cartney.oktavianto@yahoo.com
      posisi anda dimana
      (jika bener2 punya kirim foto data terbaru tokeknya berserta koran terbaru)

    • saya beminat hub..:
      Nurmansyah
      081249775258 or email di cartney.oktavianto@yahoo.com
      posisi anda dimana
      (jika bener2 punya kirim foto data terbaru tokeknya berserta koran terbaru)

  3. aldo_romans@yahoo.com

  4. Saya punya tokek rumah berat 3,7 dan 4,2 ons kalo berminat hub. saya di no telp. 0818727361

    • saya berminat berat 3,7 saya beli 400jt, yang 4,2 ons saya beli 1 Milyar/ons

    • saya beminat hub..:
      NURMANSYAH
      081249775258 or email di cartney.oktavianto@yahoo.com
      posisi anda dimana…

  5. Serius Yon, tp barang da laku minggu kmaren, dibeli orang Jepang nmay Okigawa. 5M dibawa ke Jepang buat penelitian.

    • Wah selamat nih bung tejo, jadi miliarder baru dari tokek ya, hehehe… sukses untuk anda deh. Ayo yang lain tetep semangat berburu dan beternak tokek ya…

    • mas tejo,saya punya tokek drmh tp ga tau mau jual kmn,mas tejo punya kenalan ga.terima kasih.ini dr immi d sby

      • tuk immi beratnya berapa itu tokeknya ?

    • Wah selamat ya Gan….
      Jangan lupa sumbangan ke panti sosial ya…

  6. di ladang ortu ku banyak tokek, tapi masih kecil2, di rumah ada belum ditimbang, tapi panjangnya sekitar 30cm

  7. Tolong Bapak-bapak Ibu ibu , kalau nawarin , jangan cuma cek harga aja. ada barang baru di tawarkan, Semua yang nawarin Toke, saya cek Bulsit semua. Cape n ngabisin waktu n biaya aja,…Plese Ada barang baru tawarkan…!!!!!!!! hub 08122056074. Proses cepat tidak basa basi timbang bayar, proses 1 hari kerja. Harga memuaskan. thank for all

  8. dijual cepat tokek batu 1 kg ada 1 dan 8 kg…jika berminat bisa hub saya 085649944722
    ini serius….
    kemaren sudah ditawar buyer…cari buyer yang palung tinggi

  9. betul pak Sugianto, kayaknya kagak ada yang seberat lebih dari 1 ons.
    saya pernah nangkap tokek dalam kondisi menjaga telurnya, itu saja beratnya 1 ons.
    setelah 3 bulan tetap juga g nambah2.
    menurut logika yang sedang hamil jelas paling besar (mbok’e/ Babon)

  10. Dari ramalan saya anda yg di pikirkan tokek tokek aj,coba skrng anda renungkan apakah di diri anda ada perubahan yg aneh seperti contoh anda selalu ngeliatin peliharaan tokek anda yg gak besar2 dan gak mau makan,nah itulah anda yg lg sedikit……
    DARI SANG PENDETEKSI OTAK..GERHANA.

  11. saya punya tokek 80 ekor dg berat 1,5 – 2 ons jika berminat hub:085732214828-surabaya
    HARGA NEGO

    • Email-nya apa ?
      minta brp hrg yg 2 Ons ?

  12. pren all… tokek batu 2 kg up (photo ada) lebih dari seekor. Tokek rumah berat 5 ons up… hub putra_2072@yahoo.com atau hp 0819 9656 1308 (sms only). tq

  13. harga tokek 2.5 ons,harganya berapa..tokek rumahan.

  14. dicari kolektor atau pembeli tokek unik ekor
    cabang 3 canggah langit/menghadap langit cabangnya
    berat kira2 2.5 ons, harga bisa ditawar. harga
    cocok jadi
    hub. wahyu 085233064047
    diharapkan telvon todak melayani sms
    klo mau bukti saya bisa kirim foto lewat emailnya

  15. saya punya tokek rumah jumlah 10 ekor berat 2 ons up, kira2 per ekornya berapa? tlg infonya tlpn ke 0852 5959 5959 atau email ke omegacell_kdr@yahoo.com posisi saya Kediri, thx

  16. saya ada 20 ekor tokek, berat 1-1,5 ons, per ekor 75 – 100 ribu, bagi yang berminat silahkan hubungi saya di (0354) 7814400 atau lewat email saya dualrira@yahoo.com!

  17. bagi yang SERIUS ingin menjual tokeknya, saya sanggup hargai 1,1M per ons TAPI hanya 4ons ke atas, dengan catatan data lengkap dan jelas seperti: foto secara jelas, jika foto sesuai saya akan langsung check tokek KE TEMPAT ANDA BERADA bila tim dokter saya meluluskan TOKEK TSB transaksi akan langsung saya lakukan ditempat.
    hubungi saya di 081382673725 atau 08998333191.

    UNTUK 3 ONS SYARAT SPRTI DIATAS HARGA YG SAYA TAWARKAN 150 JUTA.

    PHONE OR SMS

    • saya ada tokek panjang nya 29 cm, masih awet, bersih. tapi gak perna saya timbang. kira berapa harganya????

      saya serius gak bohong????

      • aya ada tokek panjang nya 29 cm, masih awet, bersih. tapi gak perna saya timbang. kira berapa harganya????

        saya serius gak bohong????
        085766300061

  18. saya juga punyak tokek 30 berat rata2 1 1/2 ons apa sih makanan tokek cepat besar… makasih.???

  19. saya punya tokek 20cm an beratx 3ons an…rumahku kdr…yg minat hub q 085735427020

  20. SAYA PUNYA STOCK TOKEK BATU DAN TOKEK POHON,,TOKEK BATU BOBOT 4 KG 1 EKOR DAN 8 KG 1 EKOR,,DAN SEPASANG TOKEK POHON 1,2 KG BETINA,DAN 1,8 KG JANTAN,,BAGI ANDA YANG MAU DAN SRIUS HUBUNGI SAYA D’NO 08999609984

    • yang benar pak ? anda domosilidimana ?

  21. saya punya tokek ekor cabang 2, best offer ja…
    hub. 081382856483
    kalo minta foto nanti saya kirim k email anda…

  22. Jual TOKEK RUMAH 2 ekor masing masing berat 3.5 ons / Up sebesar Ukuran BOTOL MY ZONE , sekarang kami sedang menangkap TOKE RUMAH ukuran 1.5 Liter AQUA sambil tunggu buyer yang sanggup beli . HANYA UNTUK YANG SERIUS PLEASE CALL BANG JAY 02194093129- JAKARTA

  23. tokek…

  24. Assalamu’alaikum semua,
    Hari ini (05 Juli 2010) saya ada tokek rumahan dengan berat 3.2 Ons posisi di jawa timur
    udah ada buyer yang menawar 75JT, klo ada yang berani lebih tinggi InsyaAlloh akan saya lepas
    bagi yang serius berminat silahkan hub.08561769529
    thkz

  25. saya hari ini punya tokek 3 ekor berat kra2 2,3 ons dijual cepat bagi yang srius…harga nego

    0812 84430232
    iwan
    jkt

  26. ukuran berapapun saya ada.langsung petani..085711400087

  27. saya punya tokek rumah sberat 3 ons panjang lebih dari 35 cm, klo ada yang minat bisa hub, email saya atau ke 081321226984. thanks seriuss pisannn…

  28. saya juga punya tokek, tapi lama besarnya beratnya kira2 1,5 ons, moga aja 1 th beratnya tambah jadi 4 ons. aminn

  29. saya juga punya tokek beratnya 1,5 ons, moga aja dalam 1 th tambah berat jadi 4 ons

    • walah…..sy punya 2 ekor udah 3 tahun berat nya gak nambah2.. masih tetap 1ons, mlahan tadinya punya 20 ekor,tp pada mati tuh….

  30. ya emang sangat susah sekali tuk Tokek bisa besar, kitanya cuma bersabar aja, karena tidak semua Tokek bisa besar

  31. Bagi buyer yang mau tokek berat 300gram sila hubungi saya di tokekbrunei@gmail.com. Harus serious..

  32. dijual tokek BUNTUT dua berat 2 0ns
    peminat serius hub 02199625256/08174953526

  33. Saya didik dari sby, saya punya 2 tokek ekor cabang 2, yg satu cagak langit yang satu cabang 2 biasa. berat 1 ons up. milik sendiri, bukan rekayasa dan bs dipertanggung jawabkan. serius call di 08265452976. foto menyusul,,

  34. saya eksportir tokek asal bandung. Butuh tokek dalam jumlah banyak. Ukuran 3 ons up saya hargai Rp 75 juta, 3,5 ons up Rp 250 juta, 4 ons up Rp 500 juta, 4,5 ons up Rp 750 juta, 5 ons up Rp 1 miliar. Jika Anda punya tokek sesuai di atas, kirim penawaran/foto tokek ke awanz69@rocketmail.com. ato tlp ja ke 082116607491..bagi yang serius..{ khusus jawa barat }

    • saya ada tokek panjang 29 cm ataw 31 bera kira2 harganya???
      saya serius??

      • saya ada tokek panjang 29 cm ataw 31 bera kira2 harganya???
        saya serius??
        085766300061

  35. Aku punya 2 ekor tokek rumah dan ber-ekor cabang dua
    lokasi cengkareng jakarta barat
    berat kurang lebih 1 ons dan 1,5 ons
    harga nego

    ini beneran tidak bohong
    pembeli serius tidak melayani calo
    Jika saya berbohong, akan saya ganti rugi 1 juta

    HP : 021-94410074
    tgl post Tgl 13-03-2011
    Harap hub dahulu sebelum datang, takut sudah terjual
    Makasih sebelumnya

  36. masih ada tokek merah ? kami pembeli dari sarawak mahu 420 gram ke atas .
    kami dapat beli dengan harga yang tinggi . ( 0105929398 )

    • kalo posisi di filipina bapak bisa jemput tokeknya di filipina?

  37. Saya juga punya banyak toke di rumah,,,, pernah beli ni ceritanya ke surabaya,,, yang 3 ons lebih,,, ech gak taunya pas di bawa ke samarinda , ko jadi susut yha , jadi 1 ons lebih aja,, kalo memang beneran ada toke yang samapi 1 kg saya mau dech beli

  38. kalau tokeknya dimakan nasi atau kecoa giman pak

  39. ma’af salah tulis kalau tokeknya di kasi makan nasi atau kecoa
    gimana tu pak

    • kasih makan jangkrik aja, ntar kan bisa besar sendiri

  40. Saya punya satu ekor Tokek Rumah Cabang 2 Ekor Cagak Langit.. Lebar badan sebesar 2 jari orang dewasa.. Yang berminat silahkan hubungi +6287898264546 atau +6285267613948..
    Saya tinggal di Prabumulih (2 jam dari kota Palembang)

  41. Saya punya satu ekor Tokek Rumah Cabang 2 Ekor Cagak Langit.. Lebar badan sebesar 2 jari orang dewasa.. Yang berminat silahkan hubungi +6287898264546 atau +6285267613948..
    Saya tinggal di Prabumulih (2 jam dari kota Palembang)..

  42. saya ada tokek.jenos melani berat 25 kg.sebra 6 kg.safana 3 kg.ada kah buyer yg berminat.

  43. apakah benar tokek beratnya sampai 4 ons sebenrnya saya amati dan sering di kebun dan dipegunungan di bali hanya beratnya 1 ons s/d 2 ons saja pajangnya juga 25 cm coba info yang benar saya kawatir merupakah infor rekayasa supya yg jualan jangkrik laku dan lucunya ada teman banyak ternak tokek justru hanya 100 ribu per ekor gimana nih..? pada hal tokeknya beratnya 2 ons

  44. bener dong,yg 64kg aja dah ada ketemu di jual 19millions usd.

  45. @Ridwan

    Tengah cari 420 ons keatas. Kalau bapa masih ada, tolong emailkan saya and saya akan bagi informasi selanjutnya, transaksi.

    vckcship@yahoo.com
    vince

  46. sy ada tokek 24 ekor ukuran 25 s/d 30 cm harga 1 juta perekor minat hub 087870293960

  47. saya tinggal di cilegon-BANTEN, temen saya punya tokek dgn berat 3,8 ons dan panjang 49 cm. Yang serius dan berminat segera hubungi saya di 081911241975 atau email
    nafikglobalinternusa@yahoo.co.id

  48. saya pnya bnyak tkek
    kbtulan mreka brtelur dan branak pinak di plafon rumah saya
    berminat???
    hubungi 083877325052
    lokasi BATAM KEPRI
    thanks

    • mas, jangan2……. mas bapaknya ya?

  49. saya pnya tokek ekor cabang dua(2)
    bertutul merah hitam,
    ukuran dua(2) jari orang dewasa dan panjang satu kilan
    Bila andA berminat
    Hub:085384740019 (andri usman)
    Lokasi TUGU MULYO ( OKI )
    TRimakasih

  50. saya orang miskin yg belum punya rumah , kepingin bsa beli rumah. aku punya seekor tokek seberat 3 ons panjang 35 cm . siapa yg berminat tolong hubungi saya ke no 081267115372 jambi indonesia

  51. Ada tokek pohon di bawain adik saya dari solo,ada 6 ekor warna abu2 bintil2 merah,saya mau jual terserah hargain berapa tapi jangan dibawah 1jt……oke gan minat Hub:02185300316

  52. saya punya 5ekor tokek rumah berat rara” 2,5 ons
    siapa yg brmnat cpt cari saya di klaten jateng

  53. Kalo ada tokek panjang 41cm up/ main boxer 4ons s/d 5ons..hubungi saya 085213053533 pin: 22BCC2D1 harga langsung lewat bbm/sms..

    • saya ada tokek yg 37 cm 1 ekor dan 38 cm 1 ekor.
      Ada juga tokek ekor cabang 2 (cagak langit)
      Ada minat mas? call : 0853 5298 1310

  54. saya jual tokek rumahan…panjang 2,20 M, berat 63 kg, umur diatas 85 thn, motif kulit bintik merah dan putih…warna dasar abu2….harga 80 Trilyun..hanya untuk pembeli serius dan super kaya…tokek ini sudah diketahui oleh president SBY dan pemda setempat…serius????..silahkan datang bawa uang,kita buat kesepakatan dan kita lihat barangnya…silahkan hubungi email saya di bartender_alcoholic@yahoo.com atau ke nomor 081311568319 (SMS ONLY)

  55. saya menawarkan jenis tokek rumah yang di tubuhnya ada bintik merah, saya g’ tau berat nya berapa cz belum pernah di timbang. jika panjang ny krang lebih 30cm.

    da yang minat ???

    jika da yang minat hubungi nomor ini 087897668777

  56. saya punya tiga ekor tokek panjangnya 40sm warna kuning abu abu garis putih bintik bintik merah,segera hubungi saya????

    • Jika memang benar 40 cm tokek bapak silakan telp kami: 087 736 23 4466 jakarta

  57. sekarang 2013, masih berlaku ga ini semua? saya punya 1 tokek rumah, dapat tadi malam jam set 2 pagi di ruang tamu rumah saya. foto ada.
    berminat hub : jimmy_roobz@yahoo.co.id

  58. saya punya 5 ekor tokek panjangya 30 cm tapi beratnya saya belum tau kira2 masih laku gak ya..??? tokek sekarang ini.

  59. tokek ukuran 34cm 1 ekor dan 35cm 1 ekor, dan tokek ekor cabang ke atas 1 ekor panjang 30 cm. Lokasi kulonprogo DIY. mau di jual. harga nego. serius email ke gsimplisius@yahoo.com saya akan kirim gambar terbaru sesuai dengan tanggal terbit koran. trims

  60. siang gan saya punya tokek bintik bintik merah agresif uk 25-30 cm berat ga tau soalnya galak ga pernah timbang gan…kepala lebih besar dari badannya…udah 2 tahun saya pelihara…bagi agan yg serius berminat bisa email saya ke rayden1923@gmail.com atau hub saya di nomor 081219191923…. hanya yg serius…ga bohong and ga ribet.. ada uang ada barang thx..

  61. mau jual tokek cabang 2 yang berminat hub yhabiburrahman@yahoo.com
    serius ga pake ribet dan tipu. thanks

  62. saya punya tokek rumah 100 lebih tidak pernah ditimbang panjang berkisar dari 30cm sampai 39, jika berminat borongan X25jt/ekor. jika berminat hub 081274642149

  63. Numpang lapak gan.dijual tokek rumahan,pnjang 43 cm ekor pecut yg berminat serius.hub 085235777772

    • Posisi dmana gan? add pin 75519B4C buyer serius…!!!

  64. All brader mau tanya nih. Yang dicari itu ukuran tokek dari ujung kepala ke ujung ekor ato dari kepala sampai ujung badan (ekor tidak diukur).
    Soalnya paman sya dapat tokek dan udah dirawat 4 tahun lebih. Sekarang ukurannya sekitar 40 cm lebih sedikit (dari ujung kepala ke ujung ekor) dan bobotnya belum ditimbang (tokeknya sehat ukurannya berkisar 4 ons). Ukurangnya di bandingkan dg ukuran bambu yang di buat sangkar buat persembunyiannya (uk bambu 40 cm) ternyata ukurannya melebihi bambu . Saya ndak berani mengang buat mengukur dan menimbang secara detail. Berminat balas di coment dg kisaran harganya. Harga tertinggi akan saya ambil dan langsung lihat ke lokasi. Tidal ada unsur tipu menipu dari saya.
    Barang sekarang masih ada. Posisi sya ada di bangkalan kota – Pulau Madura JAWA TIMUR.


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

