Oleh: untuk indonesia | 11 Desember 2009

tips agar tokek tak menyusut

liat mangsa...

Banyak teman merasa bingung soal berat tokek. Saat ditimbang sendiri, berat tokek sesuai permintaan, tapi saat dibawa ke tempat tujuan, berat tokek tiba-tiba merosot tajam. Cerita seputar merosotnya berat tokek, mungkin juga pernah Anda dengar atau bahkan Anda alami sendiri.

Saya juga pernah mengalami hal ini. Rasanya memang cukup menjengkelkan. Saat itu, saya pergi ke rumah seorang peternak tokek. Di tempat itu, saya beli tokek ukuran 2,5 ons. Setelah ditimbang di tempat, dan beratnya oke, saya pun membayar sesuai perjanjian.

Ternyata, sesampai di rumah, tokek itu berubah menyusut. Perut tokek yang semula terlihat gendut, berubah menjadi kempis. Saya pun penasaran. Lalu saya timbang. Ternyata beratnya memang menyusut tajam menjadi kurang dari 2 ons. Wah, jengkel banget saat itu. Untung tokek itu bukan untuk saya jual. Bisa dibayangkan jika kita mau menjual tokek itu kepada buyer. Begitu sampai di tempat, berat tokek menyusut, bisa-bisa kita kena komplain. Bahkan kena pinalti karena telah dibuat perjanjian sebelumnya.

Nah, untuk menghindari menyusutnya berat tokek dalam perjalanan, berikut tips membawa tokek. Tips ini saya ambil dari blognya pakar tokek yang sudah bertahun-tahun menggeluti bisnis gecko ini, di http://www.tokektokek.blogspot.com.

Tokek merupakan hewan yang gampang sekali menyusut beratnya, karena bagian perut tokek yang sebenarnya hanya berisi angin. Jadi, gampang sekali menyusut. Oleh karena itu, badan tokek tidak bisa dijadikan sebagai perbandingan berat tokek. Melainkan hanya bagian kepala dan ekor yang bisa menggambarkan secara kasat mata berapa berat tokek.

Penyebab paling sering menyusutnya tokek adalah : kondisi tokek yang stres, kondisi lingkungan yang terlalu berisik, kondisi yang terlalu terang dan tokek sering dipegang serta ditimbang. Solusi/penanganan : Supaya tokek tidak menyusut/penyusutan tidak terlalu ekstrim pada saat dibawa, dapat dilakukan beberapa treatment/perlakuan yaitu :

1. Masukkan tokek ke dalam bambu sehingga tokek tidak dalam keadaan terlalu terang dan suhu selalu terjaga

2. Ke dalam mulut tokek, berikan 2 biji kacang hijau

3.Masukkan beberapa ekor jangkrik ke dalam wadah tokek supaya tokek tidak kelaparan selama perjalanan.

4.Jangan terlalu sering menimbang tokek atau memegang tokek dengan menggunakan tangan langsung, tokek bisa dipegang dengan menggunakan kain pada saat akan ditimbang. Tokek maksimal dipegang 2 kali. untuk memudahkan penimbangan, dapat dilakukan penimbangan wadahnya terlebih dahulu sehingga bisa langsung dikurangi beratnya.

Nah, itu sekadar tips membawa tokek agar tak menyusut beratnya. Selamat bertransaksi tokek, semoga berhasil.


Responses

  1. mas bolih tahu situs luar yg menerima pembelian tokek? atas infonya makasih

  2. *mas edy: wah maaf saya ndak tau mas. mungkin Anda bisa searching di google dengan kata kunci gecko. terima kasih mas…

  3. ikut coplas ya gan….bagus artkel nya kebeneran aku juga punya tokek di rumah..tokek pohon ma tokek rumahan

  4. Sebenarnya tdk tentu benar pendapat tokek kalau sering dipegang beratnya akan menyusut. Buktinya saya punya tokek waktu beli beratnya 2,2 ons skrg beratnya malah naik jadi 2,6 ons dlm 3 bulan padahal kalau makan selalu saya keluarkan dari kandangnya krn harus disuapi.

    Nah berarti teori itu ndak selamanya benar khan..?

    Mau berbagi info : silahkan hub 03191938371 atau 08585.287.2357 – 08525.727.3339 (ADIT)

  5. buyer kan hanya mau beli tokek yang alami dan agresif pak. jadi jika kita suapin maka waktu dilakukan cek oleh buyer dengan di kasih makan secara alami maka tokek tdk akan mau makan. dan pengalaman yg saya alami jika tokek tiap hari kita kasih makan maka yang ada tokek tidak memanjang namun melebar aja. krena tidak bergerak disebabkan kekenyangan.

  6. salam pak,
    saya mau tanya,ada tidak buyer yang mau beli tokek ekornya bercabang,(tidak rekayasa – alami) yang satunya menghadap atas.trima kasih.,
    pak aleks,085253030941.kal ada yang berminat kirim alamat email supaya saya kirim fotonya

  7. SALAM SEMUANYA.
    SAYA DI AMBON.
    SAYA PUNYA TOKEK BATU ADA 4 EKOR. MASING-MASING BERATNYA 2 – 3 KG. JIKA ADA YANG BERMINAT, BISA HUBUNGI SAYA DI NMR 085243155424/085343478996.

  8. Saya punya tokek ekor cabang 2 dengan panjang 25 cm…bagi yg berminat silahkan menghubungi: Henry WA 08973982473

  9. sya dan tim mau beli tokek ukuran 45 cm up hubungi saya 082122327758 nuwun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: