Oleh: untuk indonesia | 21 Januari 2010

rahasia beternak tokek

Ini pengalaman cukup unik. Saya punya seorang teman. Asalnya dari Jawa, tapi sudah lama menetap di Kalimantan. Kerjaannya tiap hari cuma nangkap tokek di berbagai penjuru daerah. Cuma, cara menangkapnya tidak sembarangan. Dia punya sejumlah mantra yang cukup ampuh. Jika mantranya telah dilepaskan, sejumlah tokek pun seolah datang mendekatinya. Tak peduli tokek itu ada di pohon besar dan tinggi, atau di tempat paling sulit ditangkap sekalipun. Saya pernah diajari mantra menangkap tokek itu, tapi saya tetap tidak bisa mempraktikkan.

Tak hanya itu, dia juga menggunakan hitung-hitungan (petung) cara Jawa. Jika dia akan beruru tokek, dia harus mencocokkan jam dan tanggal. Setelah hitung-hitungannya ketemu, lalu dia menentukan arah kemana akan berburu. Tak heran, dalam sehari dia bisa menangkap puluhan bahkan ratusan tokek. Hanya saja, dia tidak mau menangkap semua tokek. Yang masih kecil dilepasnya kembali, sedang yang besar dibawanya pulang.

Orang ini sangat yakin bahwa tokek bukanlah binatang sembarangan. Hewan ini sering berkolaborasi atau dimanfaatkan oleh makhluk gaib. Jadi, memperlakukan tokek juga tidak boleh sembarangan. Juga, untuk membawa dan menjualnya. Makanya, dia tidak sembarangan menjual tokeknya. Hanya kepada orang-orang yang dipercayanya saja dia memberikan tokeknya.

Pernah suatu hari, dia pamit untuk berburu tokek. Dengan uang seadanya, dia naik kapal dari Kalimantan menuju Jawa. Dia selalu kontak-kontakan dengan saya saat di lapangan. Setelah seharian naik kapal, dia pun langsung terjun ke lokasi yang diperkirakan banyak tokek. Tempat berburu favoritnya adalah pekuburan. Kuburan yang dianggap angker oleh masyarakat, justru dia lebih suka. Sebab, di tempat-tempat seperti itulah tokek lebih senang bersembunyi. Sesuai kodratnya, tokek adalah hewan yang tak suka tempat ramai, atau banyak orang. Jadi, di pekuburan (yang angker), dia bisa lebih tenang hidup. Karena di tempat itu jarang dijamah manusia. Hari pertama di Jawa, dia langsung kontak saya. Baru beberapa jam berburu, dia sudah mengantongi 24 tokek berukuran 2 ons up. Hari hari berikutnya, dia selalu menghabiskan waktu di pekuburan dan hutan-hutan kecil.

Soal keanehan tokek, saya juga sering mengalami. Pernah suatu hari, kawan saya seorang peternak tokek besar ingin memamerkan tokek antiknya kepada saya.Tokek itu hanya punya tiga kaki, yang belakang dua dan depan satu. Tokek itu ditaruh di kandang berukuran sekitar 40X60cm. Dalam kandang itu juga diletakkan sembilan tokek lain, jadi jumlahnya ada 10 ekor. Saat memberi makan tokek pada pagi hari, tokek itu masih ada. Tapi begitu siang hari, saat saya lihat di kandang itu, tokek itu menghilang. Kejadian itu cukup aneh, mengingat kandang itu cukup kecil dan terlihat bagian dalamnya secara jelas. Tak ada tempat persembunyian di dalam kandang itu. Dicek selama hampir satu jam, tokek itu tetap tidak muncul juga. Anehnya, tiba-tiba saja tokek itu muncul saat saya akan pergi.

Keanehan lain adalah tokek peliharaan saya terlihat tidak sehat, padahal makanan rutin diberikan. Pembuatan dan penempatan kandang juga cukup representatif. Tokek-tokek peliharaan itu, terlihat aneh. Terkadang terlihat seperti mati, tak ada tanda-tanda kehidupan. Tapi, beberapa waktu kemudian dia menghilang lagi di dalam kolong bambu di dalam kandang. Saya pun memberitahukan hal itu kepada teman saya yang pemburu tokek itu. Dia pun langsung paham. Saya disuruhnya memberi seutas tali dari sabut dan beberapa butir kacang hijau. Dia bilang, itu sebagai syarat agar tokek tidak dihinggapi makhluk halus. Benar saja, begitu saya ikuti sarannya, ternyata tokek-tokek saya langsung terlihat sehat-sehat. Tak hanya itu, tiga hari berikutnya, badannya terlihat lebih segar, sehat dan gemuk-gemuk. Tidak seperti sebelumnya, kulitnya pucat dan tidak aktif. Nah, jika Anda memelihara tokek, ada baiknya kandangnya diberi tali sabut dan kacang hijau mentah.

Meski ini bukan hal yang rasional, mengingat dua benda itu tidak ada hubungannya dengan makanan tokek, tapi tak ada salahnya dicoba. Toh harganya sangat terjangkau. Jadi tak ada salahnya dicoba. Selamat beternak tokek…

Banjarmasin, 21Januari


Responses

  1. lam kenal…

    coba cari tahu ah

    • salam kenal kembali mas. silakan…

  2. Kalau kacang hijau untuk makanan jangkrik.
    sedangkan jangkrik buat makanan tokek.

    ya g ada hubungannya dgn makhluk halus

    • *rsamiaji: hehehe. rasa-rasanya jangkrik ndak doyan kacang hijau mentah tu mas. Lagian, jangkrik saya, saat masuk kandang langsung disamber sama tokeknya, jadi pasti ndak sempat menikmati kacang hijaunya, hihihi…

  3. YANG BENAR ITU JANGKRIK KACANG DIMAKAN TOKEK IJO

  4. atau jangkrik dimakan tokek, tokeknya gemuk kulitnya ngembang sbesar kacang2 dan yang punya ijo matanya karena bayangin duit yg bakal diterima…nyambung..???

  5. tali sabut itu dari apa….apa dari kelapa itu ya,

  6. tapi ada benernya juga..
    soalnya aq pernah lgsung melihat kejadian itu,dan tokek yang dateng buakn ukurab ons tapi kiloan,waktu it skitar 1,5kg
    tokeknya pun lgsung jatuh di tmpat yg sdh disediain (tampah)
    tpi syangnya klo mw diambil si kodam ato mistiknya it mnta tumbal

  7. Mahluk halus yg suka msk ke toke, mengganggu si pemeliharanya ga’ ya?

    • tergantung mana yang dia mau.

  8. mas mau tanya, kacang ijo nya ditaro gtu aja apa langsung disuapkan ke tokek??
    trima kasih

    • dimasukkan ke mulut tokek 2 butir saja

  9. Mas saya tertarik dengan cerita anda tentang temanmu yang bisa menanngkap tokek dengan mantra bisa keluar dan datang sendiri itu.
    Tolong saya beri alamat atau no. hp temanmu itu, akan saya ajak kerja sama. Sumpah saya punya bidikan tokek besar di tiga lokasi di atas pohon besar di pemakaman umum.besarnya sama dgn botol aqua isi 1,5 liter. Kalau diambil dengan cara biasa tak bisa,selain lobangnya tinggi diatas phn, tempatnya di kuburan angker harus bisa komunikasi gdn penunggunya. tolong hub.saya di 081335258415. segera terima kasih. Didik-jatim

  10. bos salam kenal bos saya mau taya kalau tali sabut ya pake yg kering atau yg masih seger

  11. bos, numpang nanya nech, tokek saya baru saya tangkap 3 minggu yang lalu tidak mau makan sampai sekarang, gimana ya caranya biar mau makan? trims atas perhatiannya

  12. salam kenal…wow nice info
    bagi yg ingin info yg lbh lengkap tentang bisnis tokek,bisa kunjungi link berikut :
    http://o-begitu.blogspot.com/2009/04/bisnis-tokek.html
    trims

    jika berkenan saya tunggu kunjungan baliknya

  13. mas mohon bantuan, bisakah mas memberi tau ke e-mail sy perihal no hp atau e-mail tmn mas yg bisa ilmu ini, trimakasih

  14. slm kenal mas,klau blh tau tmn mas di kalimantan mana,aku dr kalimantan barat.blh ngak mas aku minta no hp tmn mas,ini no hp aku=085750783639.

  15. TERUSKAN DENGAN USHA MENCARI, MEMBELI SERTA MENJUAL TOKEK KERANA USHA INI HALAL DENGAN PENDAPATAN YANG SANGAT LUMAYAN.

  16. Lam knal,mas btol jg tokek2 di jawa banyak yg ksurupan,aku 1th ternak tokek kalo panjang 37cm itu bobotnya brapa ya?ak tdk brani nimbang tokeknya galak makanya burung,cicak,kodok.itu boleh gak buat makanan tokek.kalo ada yg minat hub saya.081325717216,kalo tali sbut ama kacang ijo di taruh aja di kandang ya.

  17. klo pembeli yg serius dimana yaa,?

  18. pembeli saya ade, sekarang saya di pulau pinang, malaysia.
    kalau siape yang ada tokek yang beratnye 420 grams keatas, timbangan sebelum beri makan tokek, sila email saya bagi keterangan lanjut.

    sedang cari penternak, pemelihara tokek tokek, pemburu tokek, kita beli tokek tokek dari malaysia dan indonesia.

    Email : vckcship@yahoo.com
    Vince

  19. Bagaimana cara mengirim tokeknya ke malaysia?

  20. ass, mas saya dari jambi mohon dong, amalan menangkap tokek tsb, atau mohon kirim hp temen mas tersebut karena ditempat saya ada beberapa lokasi tokek pohon yang besar.. hp. 081927419164

  21. Hallo Om, ayah saya g sengaja nemuin sarang tokek ,awalnya d usir2 (krn bersarang d dekat rumah yg kebetulan ada tanah lapang) namun setelah tau bhw bisnis tokek menjanjikan dr situs internet ,ayah saya mau merambah bisnis tokek ,katanya lumayan buat modal klo pensiun😀
    Klo boleh minta kiat2 /mentoring buat ayah saya agar ketidaksengajaan adany tokek ini bs d tekuni mnjadi bisnis yg menjanjikan, kebetulan orangtua saya tinggal d banjarmasin jg, thanks Om🙂

  22. saya punya banyak tokek di rumah lagi cari pembeli

  23. berminat hubungi no hp 081288454727,087823467027.02199560019

  24. saya jg pernah mengalami
    tokek hilang tanpa sebab
    kandang nya rapat tdk mungkin bisa keluar

  25. Mas, saya dari lampung. , saya punya lokasi toke besar kira2 brat ny skitar 1,5kg yg di hinggapi mahluk gaib di salah satu rumah kosong saya mau minta no telpon tman mas, spa tau tman mas bisa mbantu saya. , saya srius ingin bekerja sama. ,
    ni no hp saya
    085714612708

  26. PAK saya mau tanya
    apabila tokek nya hilang
    apakah tokek tersebut tidak kembali lagi dan kemanakah tokek tersebut ?

  27. di tempat saya banyak toke boleh tuh teman bapak mampir ke tempat saya kalau mau berburu toke sekalian saya minta tolong di tangkepin tokenya buat peliharaan.

  28. Ukuran 42cm up ada gak bos.
    Respon ke no 089639895151.

  29. Hello there! This post could not be written any better! Reading this post reminds me of my good old room mate! He always kept talking about this. I will forward this page to him. Fairly certain he will have a good read. Thank you for sharing! ceffgdabdkdd

  30. Sya bru nangkep tokek 3 ekor drmah..siapa yang brminat hub 083870940064

  31. tokek saya mengalami hal seperti itu, itu dikasih tali sabut , tali jenis apa ya? dan diikat kan atau hanya sitaruh saja. mohon dijeaskan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: